STATUS DAYA TAHAN UMUM, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KECEPATAN PEMAIN FUTSAL PUTRI SMA NEGERI 1 SEWON DAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Siti Fatimah, Aszahro (2016) STATUS DAYA TAHAN UMUM, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KECEPATAN PEMAIN FUTSAL PUTRI SMA NEGERI 1 SEWON DAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Siti Fatimah Aszahro_12601241013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kelelahan saat perpindahan dari menyerang ke bertahan, shooting kurang maksimal dan lambat dalam menyambut umpan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan status daya tahan umum, kekuatan otot tungkai dan kecepatan pemain futsal putri SMA Negeri 1 Sewon dan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini adalah pemain futsal putri SMA Negeri 1 Sewon dan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 30 orang, seluruh populasi dijadikan sampel sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu daya tahan umum menggunakan multistage test dengan validitas sebesar 0,71 dan reliabilitas sebesar 0,521, kekuatan otot tungkai menggunakan tes leg and back dynamometer dengan validitas sebesar 0,860 dan reliabilitas 0,910 dan kecepatan menggunakan tes 35 meter sprint test validitas mengacu sejauh mana kesimpulan dan keputusan dibuat berdasarkan skor tes yang sesuai dan bermakna. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa status kondisi fisik pemain futsal putri SMA Negeri 1 Sewon (1) Daya tahan umum terdapat separuh pemain (70,59%) berada pada kategori “kurang”. (2) Kekuatan otot tungkai sebagian besar (94,12%) pada kategori “sedang”-“kurang sekali”. (3) Kecepatan terdapat separuh pemain (64,71%) berada pada kategori “kurang sekali”, sedangkan status kondisi fisik pemain futsal putri SMK Negeri 3 Yogyakarta (1) Daya tahan umum terdapat separuh pemain (61,54%) pada kategori “kurang sekali”. (2) Kekuatan otot tungkai sebagian besar (76,91%) pada kategori “kurang”-“kurang sekali”. (3) Kecepatan terdapat separuh pemain (84,61%) pada kategori “kurang sekali”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tahan umum, kekuatan otot tungkai, kecepatan
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 12:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46005

Actions (login required)

View Item View Item