PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THE POWER OF TWO DAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP PENDEKATAN/TEORI SEJARAH SOCIAL GUNA MENENTUKAN KONSTRUKSI TEORI/ PENDEKATAN PADA SUATU KARYA SEJARAH

Sri Mastuti P dan Corry Liana, Sri Mastuti P dan Corry Liana (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THE POWER OF TWO DAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP PENDEKATAN/TEORI SEJARAH SOCIAL GUNA MENENTUKAN KONSTRUKSI TEORI/ PENDEKATAN PADA SUATU KARYA SEJARAH. In: sejarah sosial.

[img] Other (Prosiding)
36.SRI MASTATI_UNESA.swf

Download (123kB)

Abstract

Salah satu kompetensi profesional yang harus dimiliki seorang guru sejarah adalah penguasaan dalam bidang ilmu sejarah. Dengan demikian guru sejarah dituntut menguasai bidang ilmunya. Penguasaan kompetensi keilmuan sejarah sangat berperan dalam pembelajaran sejarah terutama dalam hal mengkritisi sejarah itu sendiri dan guna membimbing siswa bersikap kritis. Sikap kritis diperoleh dari kajian sejarah dengan pendekatan dan teori ilmu-ilmu sosial sehingga memungkinkan kemunculan pemikiran-pemikiran baru terhadap sejarah. Mata kuliah Sejarah Sosial adalah salah satu mata kuliah yang bertujuan menumbuhkan dan melatih berpikir kritis melalui kajian atas historiografi sejarah sosial. Namun demikian tidak mudah bagi mahasiswa untuk memahami hal tersebut terutama pemahaman atas teori-teori sosial yang membangun suatu historiografi. Kurang memuaskannya hasil evaluasi atas mata kuliah tersebut menjadi indicator lemahnya pemahaman atas teori sosial oleh mahasiswa. Lemahnya pemahaman itu tentu akan berpengaruh kepada kemampuan mahasiswa membelajarkan sejarah di kelasdan menjadikan sejarah kajian yang menarik. Untuk itu diterapkan metode pembelajaran the power of two dan CIRC untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami teori sosial yang akan berdampak pada pemahaman karya sejarah sosial. Penerapan metode pembelajaran tersebut secara signifikan berhasil memudahkan mahasiswa memahami Sejarah Sosial yang dibuktikan dengan peningkatan hasil evaluasi dan perubahan perilaku yaitu peningkatan minat baca dan diskusi. Kata kunci: sejarah sosial, the power of two, CIRC

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:52
Last Modified: 17 Jan 2017 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45997

Actions (login required)

View Item View Item