Upaya Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Sains di SMP Negeri 3 Salaman Melalui Model Pembelajaran Inkuiri

Sudarna, Sudarna (2010) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Sains di SMP Negeri 3 Salaman Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sudarna-04708251001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh fakta bahwa hasil belajar untuk mata pelajaran Sains di SMP N 3 Salaman belum memuaskan. Dibutuhkan model pembelajaran yang lebih baik agar motivasi dan minat siswa lebih tinggi dalam mempelajari sains. Model inquiri merupakan salah satu model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subyek sehingga siswa lebih termotivasi dan berminat untuk belajar sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran sains melalui penerapan model pembelajaran inquiri Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan angket. Wawancara kepada siswa, guru, dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, pelaksanaan pembelajaran dengan model inquiri lebih banyak menekankan pada aspek student engagement dan student cooperation di mana siswa merupakan subjek belajar dengan menekankan pada mempraktekkan secara langsung guna mendapatkan pengalaman belajar lebih banyak secara berkelompok. Kedua, model pembelajaran inquiri yang diterapkan di SMP Negeri 3 Salaman telah berhasil meningkatkan minat belajar siswa-siswanya. Peningkatan ini terjadi sejak tindakan pada siklus pertama dan terus meningkat pada siklus kedua. Adanya beda mean memperkuat bukti adanya perbedaan minat belajar siswa antara sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inquiri. Ketiga, Model pembelajaran yang diterapkan di SMP Negeri 3 Salaman telah berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa-siswanya. Peningkatan ini terjadi sejak tindakan pada siklus pertama dan terus meningkat pada siklus kedua. Adanya beda mean memperkuat bukti adanya perbedaan motivasi siswa antara sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inquiri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, minat belajar, sains, model pembelajaran inquiri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:12
Last Modified: 29 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45994

Actions (login required)

View Item View Item