PENERAPAN PERANGKAT PRAKTIK PENGECORAN ALUMUNIUM PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK N 1 MAGELANG

Dwi Setiawan, Tyas (2017) PENERAPAN PERANGKAT PRAKTIK PENGECORAN ALUMUNIUM PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK N 1 MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prestasi belajar siswa kelompok kontrol dan kelompok treatment pada mata pelajaran teknologi mekanik khususnya pengecoran alumunium, (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelompok kontrol dan treatment setelah mendapatkan perlakuan, (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelompok kontrol dan treatment setelah mendapatkan perlakuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Pre Test Post Test Control Group Design yang membandingakan kelompok kontrol dengan kelompok treatment. Populasi penelitian ini kelas X Teknik Pemesinan SMK N 1 Magelang dengan jumlah 126 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Sampel dipilih dengan metode sampling insidental. Sampel yang terpilih yaitu kelas X MC dan X MA. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar siswa kelompok kontrol setelah diberikan tindakan yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebanyak 10 siswa dari 31, sedangkan prestasi belajar kelompok treatment setelah diberikan tindakan yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebanyak 30 siswa dari 31 siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 75; (2) rata-rata prestasi belajar kelompok treatment lebih baik daripada kelompok kontrol yang tidak menerapkan perangkat praktik pengecoran alumunium (kelompok treatment: 82,78 > kelompok kontrol: 72,43), dengan peningkatan rata-rata prestasi belajar kelompok treatment lebih tinggi 12% daripada kelompok kontrol, dimana kenaikan rata-rata kelas treatment 37% sedangkan kelompok kontrol hanya 25%; (3) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa kelompok treatment yang menerapkan perangkat praktik pengecoran alumunium dan kelompok kontrol yang hanya diberikan teori pengecoran alumunium di ruang kelas. Perbedaan ditunjukkan dengan hasil Uji Tanda yang menyatakan h hitung lebih lebih kecil dari harga h tabel (h hitung : 4 < h tabel : 9) pada taraf α =0,05. Dengan demkian penerapan perangkat praktik pengecoran alumunium pada mata pelajaran teknologi mekanik di SMK N 1 Magelang memberikan dampak positif terhadap prestasi hasil belajar siswa kelas X jurusan pemesinan. Kata kunci: perangkat praktik pengecoran alumunium, prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 12:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45992

Actions (login required)

View Item View Item