Pengembangan Media Pembelajaran Bola Voli dengan Metode Teaching Games for Understanding (TGfU) Berbasis Adoble Flash bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Fani, Refatana Asri (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Bola Voli dengan Metode Teaching Games for Understanding (TGfU) Berbasis Adoble Flash bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-refatana asri fani-14711251084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa CD pembelajaran materi bola voli dengan metode TGfU untuk siswa SMP yang valid dan efektif. Media pembelajaran ini menggunakan software Adobe Flash CS6 Professional. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dari Borg & Gall yang dimodifikasi dari 10 langkah Borg & Gall menjadi lima langkah,yaitu: (1) perencanaan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi produk, (4) uji coba dan uji operasional, dan (5) produk akhir hasil akhir berupa CD pembelajaran.Validasi ahli oleh ahli materi dan validasi ahli media menggunakan instrumen angket. Uji coba lapangan terdiri dari dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Setelah dilakukan uji coba lapangan, media siap untuk uji operasional yanng dilakukan untuk menguji efektifitas. Subjek untuk uji coba kelompok kecil adalah satu kelas dengan 31 siswa, uji coba kelompok besar dua kelas dengan 62 siswa, dan uji operasional satu kelas dengan 28 siswa. Uji coba ini melibatkan siswa SMP kelas VIII dari empat SMP di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut para ahli, hasil validasi ahli materi termasuk “sangat baik” dengan rata-rata 4,38 dan hasil validasi ahli media termasuk“ sangat baik” dengan rata-rata 4,23. Kualitas produk hasil uji coba kelompok kecil termasuk “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,76. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa produk termasuk “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,45. Selanjutnya dilakukan uji coba kelompok besar dengan kualitas produk “sangat baik” dengan rata-rata 4,75. Untuk mengetahui kualitas dan efektifitas produk dilakukan uji operasional. Hasil uji tes menunjukkan rata-rata skor pretest 41,65 dan rata-rata skor posttest 89,25. Berdasarkan hasil tes skor data hasil uji operasional, skor siswa mengalami peningkatan dengan selisih skor 47,60. Sedangkan hasil penilaia nkualitas produk dalam uji operasional adalah “sangat baik” dengan rata-rata 4,84. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bola voli dengan metode TGfU telah valid dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi bola voli tingkat SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Bola Voli, TGfU, SMP
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:25
Last Modified: 17 Jan 2022 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45986

Actions (login required)

View Item View Item