Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Rasa Percaya Diri Siswa SMP Kelas VII Semester Genap.

Hendrastuti, Zuida Ratih (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Rasa Percaya Diri Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zuida-ratih-hendrastuti-14709251064.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif, kemampuan koneksi matematis, dan rasa percaya diri dengan kualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Imogiri Kabupaten Bantul pada kelas VIIF dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar validasi. Instrumen untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran adalah lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen untuk mengukur keefektifan adalah tes kemampuan berpikir kreatif, tes kemampuan koneksi matematis, dan angket rasa percaya diri. Analisis data dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif, kemampuan koneksi matematis, dan rasa percaya diri siswa SMP kelas VII semester genap pada materi transformasi. Hasil penilaian kevalidan perangkat pembelajaran berdasarkan para ahli adalah valid dengan kategori sangat baik. Hasil kepraktisan berdasarkan penilaian guru mencapai kategori sangat baik, sedangkan berdasarkan penilaian siswa memiliki persentase sebesar 87.10% dengan kategori minimal baik, dan persentase lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran memiliki rata-rata sebesar 83.33%, sehingga dapat dikatakan perangkat pembelajaran praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran terlihat dari tercapainya minimal 80% siswa yang nilainya minimal KKM yaitu untuk tes kemampuan berpikir kreatif sebesar 80%, untuk kemampuan koneksi matematis sebesar 83.33%, tes prestasi belajar sebesar 86.67%, serta angket rasa percaya diri sebesar 86.67% dengan kategori minimal tinggi. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran ini layak untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika dan memenuhi aspek kualitas kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan pendidikan matematika realistik, berpikir kreatif, koneksi matematis, rasa percaya diri.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jan 2017 02:23
Last Modified: 09 May 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45980

Actions (login required)

View Item View Item