LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMK N 1 TEMPEL Alamat: Jalan Magelang KM 17, Tempel, Sleman, D.I. Yogyakarta 15 Juli sampai dengan 15 September 2016

TRIANA YUNIASARI, TRIANA YUNIASARI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMK N 1 TEMPEL Alamat: Jalan Magelang KM 17, Tempel, Sleman, D.I. Yogyakarta 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Triana Yuniasari_13803241072_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Misi yang diusung dalam PPL ini adalah untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara professional. Pada PPL UNY 2016, salah satu instansi pendidikan yang terpilih menjadi lokasi PPL adalah SMK Negeri 1 Tempel. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Sebelum mahasiswa praktikan terjun langsung untuk praktik mengajar dan nonmengajar di sekolah, dilakukan observasi pra PPL. Selanjutnya kegiatan PPL terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing dilaksanakan sebelum mahasiswa praktikan melakukan praktik mengajar di kelas. Selain melakukan kegiatan mengajar, praktikan juga berperan dalam kegiatan nonmengajar seperti piket Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), piket di ruang piket, piket among siswa, dan lain-lain. Pengalaman yang didapatkan selama PPL ini diharapkan dapat membentuk mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang profesional di bidangnya. Capaian dari pelaksanaan PPL selama dua bulan di SMK N 1 Tempel ini dapat dirasakan oleh mahasiswa, yakni berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan akuntansi yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatanhambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 1 Tempel
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Jan 2017 01:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45973

Actions (login required)

View Item View Item