Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Problem Solving yang Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Rasa Percaya Diri Siswa SMP Kelas VIII Semester II.

Febriana, Nirma Dwi (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Problem Solving yang Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Rasa Percaya Diri Siswa SMP Kelas VIII Semester II. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nirma-dwi-febriana-14709251015.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan metode problem solving yang berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan rasa percaya diri dengan kualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahapan. Tahap pertama, analisis yang mencakup analisis kebutuhan dan analisis karakteristik siswa. Tahap kedua, desain yang mencakup desain produk yang akan dikembangkan. Tahap ketiga, pengembangan yang mencakup pembuatan produk yang dikembangkan dan proses validasi. Tahap keempat, implementasi yang mencakup uji coba produk yang telah dikembangkan. Tahap kelima, evaluasi yang meliputi analisis data selama uji coba lapangan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan metode problem solving. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian dari para ahli minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru memenuhi kategori minimal “baik” dan hasil persentase penilaian siswa minimal mencapai 80%, selain itu perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran setiap pertemuan minimal mencapai 75%. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase banyak siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar mencapai 80%, persentase banyak siswa yang jumlah skor ≥34 mencapai 80%, dan persentase angket rasa percaya diri siswa yang mencapai kategori minimal baik mencapai 75%. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan minimal mencapai kategori baik sehingga perangkat pembelajaran dikatakan valid. Kepraktisan mencapai kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru, persentase penilaian siswa mencapai 84,4%, dan persentase lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan melebihi 75%, sehingga dapat dikatakan perangkat pembelajaran praktis. Perangkat pembelajaran mencapai kriteria efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan rasa percaya diri. Persentase siswa yang tuntas tes prestasi belajar sebesar 87,5%, persentase siswa yang tuntas pada tes kemampuan berpikir kritis sebesar 81,2%, dan persentase angket rasa percaya diri siswa sebesar 78,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, metode problem solving, prestasi, kemampuan berpikir kritis, dan rasa percaya diri siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jan 2017 02:09
Last Modified: 09 May 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45971

Actions (login required)

View Item View Item