Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Meinarni, Welli (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-welli-meinarni-14709251037.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk pengembangan berupa model pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan pendekatan RME yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar, dan (2) mendeskripsikan kualitas model pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan pendekatan RME yang mencakup kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Nieveen, McKenney, & Van den Akker dengan tahapan meliputi: (1) preliminary research yang mencakup analisis permasalahan pembelajaran matematika, siswa, materi dan studi pustaka; (2) prototyping stage yang mencakup kegiatan merancang pengembangan produk awal, validasi, analisis hasil validasi ahli dan praktisi, serta revisi; (3) summative evaluation yang mencakup uji coba lapangan; dan (4) systematic reflection and documentation yang mencakup penulisan teori-teori, hasil penelitian yang relevan, dan seluruh kegiatan selama penelitian untuk mendukung analisis. Kualitas model pembelajaran mengacu pada kriteria kualitas menurut Nieveen yaitu meliputi kriteria valid, praktis, dan efektif. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen tes prestasi belajar, dan instrumen angket motivasi belajar. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII.6 dan VIII.9 SMP Negeri 2 Belitang. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran matematika dengan pendekatan RME yang terdiri dari sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring, serta perangkat pendukung pembelajaran. Hasil validasi menujukkan bahwa kualitas model pembelajaran termasuk dalam kategori baik dan kualitas perangkat pendukung pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan tingkat kepraktisan model pembelajaran dan perangkat pendukung pembelajaran berdasarkan penilaian guru dan siswa termasuk kategori sangat baik. Rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran 85,31 (sangat baik). Kualitas model pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 80,30% (baik) dan rerata persentase motivasi belajar siswa secara klasikal yang dicapai lebih dari 80% yaitu sebesar 92,42%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, model pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, hasil belajar, motivasi belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jan 2017 01:37
Last Modified: 09 May 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45967

Actions (login required)

View Item View Item