Model Pembelajaran Teman Sebaya Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Kompetensi Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi di SMK N 2 Pengasih.

Sidiq, Nur Muhammad (2016) Model Pembelajaran Teman Sebaya Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Kompetensi Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi di SMK N 2 Pengasih. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-muhammad-sidiq-14702251053.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran teman sebaya pada Kompetensi Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi siswa kelas X TM1 SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Taggart. PTK ini dilaksanakan melalui proses pengkajian siklus empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model ini merupakan model siklus berulang berkelanjutan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji T pada taraf signifikansi 0,05% yang dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran teman sebaya, terdapat 88,9 %. siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai Hasil belajar sebesar 79,06. Penggunaan metode pembelajaran teman sebaya dapat meningkatkan hasil belajar yang sesuai dengan kriteria penelitian tetapi tidak berhasil meningkatkan nilai hasil belajar dari pra-tindakan.Siswa yang lulus KKM tebih tinggi dibandingkan dengan pra-tindakan. Pembelajaran saat pra-tindakan menggunakan proses pembelajaran yang berpusat pada guru, Sumber belajar hanya satu, dan Pembelajaran yang menggunakan satu metode. Pembelajaran pra-tindakan menggunakan metode ceramah dan siswa memperhatikan. Dalam penelitian ini metode pembelajaran teman sebaya tidak berhasil meningkatkan hasil belajar bila dibandingkan dengan metode teacher centered.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PTK, Model Pembelajaran Teman Sebaya, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jan 2017 01:24
Last Modified: 09 May 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45964

Actions (login required)

View Item View Item