PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMBENTUKAN DAN PERAKITAN FABRIKASI LOGAM UNTUK KELAS XI TEKNIK FABRIKASI LOGAM DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Rifqi, Zuhilmi (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMBENTUKAN DAN PERAKITAN FABRIKASI LOGAM UNTUK KELAS XI TEKNIK FABRIKASI LOGAM DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi_Rifqi Zulhilmi_12503244016_Aan Ardian, M.Pd._Soeprapto Rachmad Said, M.Pd..pdf

Download (52MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan modul pembelajaran Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam untuk siswa kelas XI, 2) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam yang telah dihasilkan untuk siswa kelas XI. Metodologi penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian dilakukan di jurusan Teknik Fabrikasi Logam SMK Negeri 1 Seyegan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup dengan skala Likert dengan 4 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh seorang ahli evaluasi, kemudian diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk memvalidasi modul pembelajaran Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam dan dilakukan uji coba terbatas dan uji coba keterbacaan pada siswa. Data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Modul pembelajaran Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam telah dihasilkan untuk kelas XI Jurusan Teknik Fabrikasi Logam di SMK Negeri 1 Seyegan. Produk yang dihasilkan melalui 11 langkah pengembangan, yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain modul pembelajaran, (4) validasi desain modul pembelajaran, (5) revisi desain modul pembelajaran, (6) pembuatan produk, (7) uji coba terbatas, (8) revisi produk 1, (9) uji coba keterbacaan, (10) revisi produk 2 dan (11) produk siap digunakan. Setelah melalui semua langkah pengembangan, maka modul pembelajaran Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam layak untuk digunakan sebagai sarana belajar mandiri siswa dan media pembelajaran di kelas. 2) Tingkat kelayakan modul pembelajaran Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam yang dihasilkan ditentukan oleh 4 kegiatan penilaian produk, yaitu: validasi materi, validasi media, uji coba terbatas dan uji coba keterbacaan. Hasil validasi materi dari 8 aspek penilaian didapat rerata 3.33 berada pada klasifikasi “Sangat Baik”, hasil validasi media dari 7 aspek penilaian didapat rerata 3.23 berada pada klasifikasi “Baik”, uji coba terbatas dari 2 aspek didapat rerata 3.54 pada klasifikasi “Sangat Baik”, dan uji coba keterbacaan dari 2 aspek didapat rerata 3.60 pada klasifikasi “Sangat Baik”. Rerata totalnya adalah 3.43 pada klasifikasi “Sangat Baik”. Kata kunci: modul pembelajaran, teknik pembentukan dan perakitan fabrikasi logam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 12:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45961

Actions (login required)

View Item View Item