PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Dimas, Wibisono (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dimas Wibisono P.T.OTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh konsep diri dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja; (2) pengaruh konsep diri terhadap kesiapan kerja dan (3) pengaruh motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk penelitian expost facto. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Seyegan sebanyak 91 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner atau angket dengan skala likert. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yang sebelumnya dilakukan judgment experts dan uji empiris dengan teknik korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program komputer SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,636 sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,405 yang berarti konsep diri dan motivasi kerja mempunyai pengaruh sebesar 40,5% terhadap kesiapan kerja. Kemudian uji signifikansi F yang diperoleh sebesar 29,896 dengan harga p < 0,05 yang berarti konsep diri dan motivasi kerja merupakan prediktor dari kesiapan kerja; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri terhadap kesiapan kerja yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,635 dan uji signifikan t sebesar 7,760 dengan p < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,363 dan uji signifikansi t sebesar 3,676 dengan p < 0,05. Kata kunci: konsep diri, motivasi kerja, kesiapan kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 12:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45956

Actions (login required)

View Item View Item