EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI PENYEMPURNAAN BAHAN TEKSTIL SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Wulandari, Retno (2016) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI PENYEMPURNAAN BAHAN TEKSTIL SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi Ms.Word.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi penyempurnaan bahan tekstil dilihat dari nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) pencapaian kompetensi penyempurnaan bahan tekstil dilihat dari nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dengan treatment model discovery learning; (3) perbedaan pencapaian kompetensi penyempurnaan bahan tekstil kelas dengan treatment model discovery learning dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional; (4) efektivitas model discovery learning pada pencapaian kompetensi penyempurnaan bahan tekstil. Pendekatan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Sampel penelitian adalah siswa kelas X Tata Busana di SMK negeri 4 Yogyakarta berjumlah 90 siswa yang dipilih dengan teknik probability sampling menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes berupa soal uraian (kognitif) dan non tes berupa lembar observasi sikap (afektif) dan lembar penilaian unjuk kerja (psikomotorik). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji t (independent sample t-test) dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pencapaian kompetensi dilihat dari nilai pretest pada kelas kontrol tidak tercapai terbukti 73% siswa tidak kompeten dengan nilai rata-rata 60,50 sedangkan dilihat dari nilai posttest juga tidak tercapai terbukti 40% siswa tidak kompeten dengan nilai rata-rata 76,27; (2) pencapaian kompetensi dilihat dari nilai pretest pada kelas eksperimen tidak tercapai terbukti 80% siswa tidak kompeten dengan nilai rata-rata 60,90 sedangkan dilihat dari nilai posttest sudah tercapai terbukti 87% siswa kompeten dengan nilai rata-rata 82,07; (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada pencapaian kompetensi penyempurnaan bahan tekstil antara kelas eksperimen dan kelas kontol dibuktikan dengan uji independent sample t-test diperoleh nilai thitung > ttabel (4,192>2,002) dengan signifikansi 5% (0,000<0,05); (4) model discovery learning dinyatakan lebih efektif pada pencapaian kompetensi penyempurnaan bahan tekstil, terbukti pada perencanaan pembelajaran siswa diberikan penjelasan tentang rencana kegiatan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran siswa terlibat langsung dalam menemukan sendiri bahan ajar, sehingga hasil pembelajaran pada kelas eksperimen menunjukan bahwa 26 siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal atau 87% siswa kompeten. Kata kunci : efektivitas, discovery learning, kompetensi, penyempurnaan bahan tekstil

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 12:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45955

Actions (login required)

View Item View Item