Mutmainah, Rizqi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
SKRIPSI-RISQI MUTMAINAH-12513241028.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pencapaian kompetensi Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X di SMK Negeri 6 Yogyakarta pada kelas kontrol, (2) mengetahui pencapaian kompetensi Dasar Teknologi Menjahit pada siswa kelas X di SMK Negeri 6 Yogyakarta pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Project Based Learning), (3) mengetahui adanya pengaruh penggunaan Model pembelajaran PBL (Project Based Learning) terhadap pencapaian Kompetensi Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X di SMK N 6 Yogyakarta. Penelitian eksperimen ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Eksperiment. Desain penelitian menggunakan pretest posttest nonequivalent control group design. Prosedur penelitian melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan penelitian, dan pengolahan data. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional random sampling. Cara menentukan jumlah sampel dengan menggunakan rumus isaac dan michael dengan tingkat kesalahan 5%. Dari populasi 94 siswa diperoleh jumlah sampel sebanyak 62 siswa. Subyek penelitian dibagi menjadi dua kelas yaitu 31 siswa masuk ke dalam kelas kontrol dan 31 siswa masuk ke dalam kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi untuk instrumen tes & non tes. Instrumen tes dilanjutkan dengan validitas konstruk. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji Prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kompetensi pada kelas kontrol sebanyak 26 (84%) siswa mencapai KKM dan 5 (16%) siswa tidak mencapai KKM dengan rerata 78,7, nilai maksimal 87, dan nilai minimal 67, (2) pencapaian kompetensi pada kelas eksperimen 31 (100%) siswa mencapai KKM dengan rerata 83,5, nilai maksimal 90, dan nilai minimal 76, (3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL (Project Based Learning) terhadap pencapaian Kompetensi Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X di SMK N 6 Yogyakarta, Berdasarkan hasil uji t test t hitung > t tabel yaitu 5,085 > 2,000 dengan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL (Project Based Learning) dapat meningkatkan pencapaian kompetensi Dasar Teknologi Menjahit. Kata kunci : Project Based Learning, Pencapaian Kompetensi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 09:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45950 |
Actions (login required)
View Item |