LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SEYEGAN Disusun Sebagai Pertanggungjawaban Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2016/2017

ANA SOLIHA NURROHMAH, ANA SOLIHA NURROHMAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SEYEGAN Disusun Sebagai Pertanggungjawaban Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2016/2017. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
13413244025_ANA SOLIHA NURROHMAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan suatu bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Seyegan telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 18 Juli - 15 September 2016. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi Guru yang baik. Dan juga melalui kegiatan PPL ini, dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal Praktek mengajar dimulai dari tanggal 26 Juli 2016 sampai dengan 06 September 2016, dilakukan sebanyak 15 kali pertemuan di kelas X IIS 1 dan XI IIS 2. Pokok bahasan yang diajarkan untuk kelas X yaitu Peran dan Fungsi Sosiologi dalam Mengkaji Gejala Sosial di Masyarakat meliputi pengertian sosiologi, hakikat sosiologi, ciri-ciri sosiologi, objek sosiologi, cabang sosiologi, metode sosiologi, sosiologi sebagai ilmu, dan hubungan sosiologi dengan ilmu lain. Sedangkan untuk kelas XI yaitu materi kelompok sosial, meliputi pengertian kelompok sosial, dasar dan proses terbentuknya kelompok sosial, klasifikasi kelompok sosial meliputi kelompok sosial tidak teratur dan kelompok sosial teratur, serta masyarakat pedesaan (rural community) dan masyarakat perkotaan (urban community).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 17 Jan 2017 00:19
Last Modified: 17 Jan 2017 00:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45937

Actions (login required)

View Item View Item