PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ORNAMEN NUSANTARA BAGI KELAS VII SMP N 2 MUNTILAN

Dyah Andartika, Shwarna (2017) PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ORNAMEN NUSANTARA BAGI KELAS VII SMP N 2 MUNTILAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS SHWARNA DYAH ANDARTIKA.PDF

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Produk Media Visual Kartu Bergambar Ornamen Nusantara yang berisi motif ornamen diantaranya Motif Mataram, Motif yogyakarta, Motif Surakarta, Motif Pajajaran, Motif Cirebon, Motif Madura, Motif Jepara, Motif Pekalongan, Motif Majapahit, Motif Bali dan terdapat penjelasan bentuk motif dimasing-masing kartu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan produk, tahap melakukan uji coba produk. Penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling yaitu oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 32 peserta didik kelas VII SMP N 2 Muntilan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner berisi indikator validasi aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek tampilan. Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai menggunakan skala likert skor 1-4 dan dinyatakan layak apabila prosentase kualitas produk di atas 56%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) materi dalam media pembelajaran kartu bergambar mencakup materi ornamen yang meliputi jenis motif, fungsi ornamen, motif flora dan fauna, bentuk-bentuk ukiran pada motif, dan 10 motif diantaranya Motif Mataram, Motif yogyakarta, Motif Surakarta, Motif Pajajaran, Motif Cirebon, Motif Madura, Motif Jepara, Motif Pekalongan, Motif Majapahit, Motif Bali, (2) tahap pembuatan media pembelajaran kartu bergambar melalui studi pendahuluan dan studi literatur diperoleh data bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran sebagai bahan referensi yang dapat digunakan secara klasikal maupun individual kemudian melalui tahap pembuatan sketsa motif dan pewarnaan motif dan terakhir penyusun media menggunakan beberapa software diantaranya Adobe Photoshop X6 dan Corel X5, (3) hasil akhir validasi ahli materi pada aspek pembelajaran dinyatakan sangat layak digunakan dengan prosentase 100% dan aspek isi dinyatakan sangat layak digunakan dengan proseentase 100% serta hasil validasi ahli media pada aspek tampilan dinyatakan sangat layak dengan prosentase 94,25% sementara hasil uji coba lapangan pada aspek pembelajaran dengan skor 91,13%, aspek isi dengan skor 91,53%, dan aspek tampilan 91,13% dinyatakan sangat layak, (4) hasil akhir produk media pembelajran kartu bergambar dalam penelitian ini dikemas dengan box berukuran 10cm x 13,5cm.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:54
Last Modified: 30 Jan 2019 12:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45929

Actions (login required)

View Item View Item