LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Peride 15 Juli – 15 September 2016 Lokasi : SMA NEGERI 1 SEYEGAN Tegal Gentan, Margoagung, Seyegan, Sleman, D.I. Yogyakarta

Pratiwi Kusuma Wardani, Pratiwi Kusuma Wardani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Peride 15 Juli – 15 September 2016 Lokasi : SMA NEGERI 1 SEYEGAN Tegal Gentan, Margoagung, Seyegan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13303241040_PRATIWI KUSUMA WARDANI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa prodi pendidikan untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seyegan yang berlokasi di Tegal Gentan, Margoagung, Seyegan, Sleman, DIYogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil menjadi pokok utama untuk melaksanakan PPL. Persiapan yang dilakukan adalah observasi sekolah dan observasi kelas termasuk peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Di bawah bimbingan Ibu Ngasriyati, S.Pd selama pelaksanaan PPL Pendidikan Kimia, programprogram PPL dapat berjalan dengan baik. Hal-hal yang dilakukan adalah mempersiapkan pembelajaran (seperti membuat RPP, media pembelajaran, metode, dan soal-soal evaluasi), praktik mengajar dengan Kurikulum 2013 untuk materi kimia dalam kehidupan dan struktur atom di kelas X MIPA 1 sampai X MIPA 4 dengan jumlah siswa 32 orang perkelas. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL disusun dan dilaksanakan denga baik. Program ini memberikan pengalaman yang sangat membantu mahasiswa dalam mematangkan ilmu yang didapat di bangku kuliah dan mengetahui karakter peserta didik SMA yang sangat ingin tahu. Meskipun selama kegiatan PPL terdapat hambatan dan kendala, namun semua dapat dihadapi dengan kerjasama dari semua pihak. Akhir kata dengan adanya kegiatan PPL ini mahasiswa diharapkan banyak mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan dari berbagai pihak serta dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dan menjadikan mahasiswa berfikir lebih kreatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMA Negeri 1 Seyegan, Kimia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jan 2017 07:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45927

Actions (login required)

View Item View Item