LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 15 Juli – 15 September 2016 Lokasi : SMA NEGERI 1 SEYEGAN Tegal Gentan, Margoagung, Seyegan, Sleman, D.I. Yogyakarta

Muhammad Gifari Arsal, Muhammad Gifari Arsal (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 15 Juli – 15 September 2016 Lokasi : SMA NEGERI 1 SEYEGAN Tegal Gentan, Margoagung, Seyegan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13303241026_MUHAMMAD GIFARI ARSAL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa prodi pendidikan yang bertujuan untuk memberikan mahasiswa pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seyegan beralamat di Tegal Gentan, Margoagung, Seyegan, Sleman, D.I.Yogyakarta. Kegiatan PPL ini meliputi 3 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahap persiapan berupa observasi. Observasi yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Seyegan. Tahap pelaksanaan PPL dilakukan mulai 15 Juli sampai 15 September 2016 dengan berbagai macam kegiatan yang sudah tersusun dalam matriks program PPL. Pelaksanaan ini dibimbing oleh ibu Ngasriyati, S.Pd. Tahap analisis hasil dilakukan pada saat penyusunan laporan. Semua kegiatan PPL berupa persiapan, administrasi pembelajaran kimia, mengajar kimia terbimbing dan mandiri, kegiatan non-mengajar dan kegiatan sekolah berjalan lancar. Administrasi pembelajaran kimia yang sudah diselesaikan antara lain program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tugas-tugas, buku sumber, buku agenda kegiatan guru, kisi-kisi ulangan bab 1, soal ulangan bab 1, analisa ketuntasan siswa, analisa soal ulangan bab 1, soal remedial, hasil remedial dan buku agenda mengajar. Perangkat pembelajaran yang diselesaikan berupa lembar kerja siswa, media powerpoint dan instrumen penilaian. Kelas yang diisi selama pelaksanaan PPL yaitu kelas XI MIIA 3 dan XI MIIA 4 dengan jumlah siswa masing-masing kelas 32 orang. Materi yang disampaikan tentang senyawa hidrokarbon, minyak bumi dan termokimia. Kegiatan lain selama pelaksanaan PPL juga ada pendampingan persiapan lomba sekolah sehat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kimia, pembelajaran, kegiatan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jan 2017 07:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45926

Actions (login required)

View Item View Item