LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN Tegalgentan,Margoagung,Seyegan,Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta

Ilma Ihsan Majid, Ilma Ihsan Majid (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN Tegalgentan,Margoagung,Seyegan,Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13302241032_ILMA IHSAN MAJID.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam dunia perkuliahan khususnya bidang pendidikan pada sebuah instansi pendidikan dalam rangka mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik/ tenaga kependidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 di Universitas Negeri Yogyakarta. Pogram PPL ini dilaksanakan pada semester khusus 2016. Pelaksanaannya dilakukan di SMA Negeri 1 Seyegan yang telah ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogkarta. SMA Negeri 1 Seyegan merupakan salah satu SMA di Kabupaten Sleman. Kegiatan PPL ini berlangsung selama 2 bulan terhitung dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Adapaun kegiatan PPL meliputi praktik mengajar di kelas, dan kegiatan rutin non mengajar sekolah. Kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajara (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Hasil dari kegiatan selama PPL yakni mahasiswa memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dan non mengajar. Adanya program PPL ini memberikan manfaat kepada mahasiswa entang manajemen kelas dan mengelolanya. Adapaun hal terpenting dari kegiatan PPL ini adalah mahasiswa memperoleh pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan seluruh warga sekolah yang meliputi siswa, guru, maupun masyarakat sekolah lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Seyegan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jan 2017 07:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45925

Actions (login required)

View Item View Item