Pengembangan Perangkat Pembelajaran PhyCCPTM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik SMA Kelas X Kabupaten Sorong (Papua Barat).

Astuti, Ratna Dwi (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran PhyCCPTM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik SMA Kelas X Kabupaten Sorong (Papua Barat). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-dwi-astuti-14726251010.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran PhyCCPTM yang dikembangkan dan (2) mengukur keefektifan perangkat pembelajaran PhyCCPTM yang dikembangkan (3) mengetahui peningkatan HOTS dan kecerdasan emosional peserta didik. Jenis penelitian adalah research & development (R&D) yang mengadaptasi pada model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini, meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitia,(3) pengembangan produk awal, (4) revisi pertama, (5) uji coba lapangan pendahuluan, (6) revisi kedua, (7) uji coba lapangan utama, dan (8) revisi produk akhir. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar wawancara guru, lembar validasi, lembar angket, dan soal tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA N 1, SMA N 2, dan SMA N 5 kabupaten Sorong. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 21 peserta didik pada uji coba terbatas, dan 90 peserta didik pada uji coba luas. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis dengan menggunakan konversi skala 5. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan kecerdasan emosional dianalisis dengan skor gain dan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil pada penelitian ini adalah berupa produk perangkat pembelajaran PhyCCPTM pada materi fluida statis yang terdiri dari RPP, buku guru, buku siswa, LKPD, dan instrumen penilaian. Hasil validasi menunjukan bahwa perangkat pembelajaran PhyCCPTM layak digunakan dalam pembelajaran, dan hasil tes pada penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar fisika PhyCCTM telah memenuhi criteria yang efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan kecerdasan emosional siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis, kecerdasan emosional, dan fluida statis.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 16 Jan 2017 07:51
Last Modified: 16 Jan 2017 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45924

Actions (login required)

View Item View Item