Hartoto, Hartoto (2016) Pengembangan Modul Learning Analytics di Portal E-learning Berbasis Moodle. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-hartoto-14707251022.swf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan produk modul learning analytics yang layak di portal e-learning Universitas Negeri Makassar dan (2) mengetahui kebermanfaatan produk modul learning analytics yang dihasilkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Allesi & Trollip yang terdiri dari tiga prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) planning, (b) design, dan (c) development yang dilengkapi dengan komponen atribut mencakup standards, ongoing evaluation, dan project management. Uji coba produk terdiri dari uji alpha yang dilakukan oleh 4 ahli e-learning dan uji beta yang dilakukan oleh 32 dosen pengampu mata kuliah di portal e-learning Universitas Negeri Makassar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni angket, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Angket yang digunakan terdiri dari 3 jenis, yakni angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli e-learning, dan angket respon dosen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk modul learning analytics yang memiliki empat fitur utama yakni learners reports, course reports, activity reports, dan web reports. Hasil penilaian ahli e-learning menunjukkan produk modul learning analytics sangat layak untuk digunakan dengan rerata skor sebesar 3,83 berdasarkan pada aspek tujuan, dukungan pembelajaran, pengukuran pembelajaran & luaran, data, keorganisasian, teknis, media, dan aspek navigasi & kontrol. Dari hasil penilaian kebermanfaatan produk, diperoleh rerata skor sebesar 3,44 (sangat bermanfaat) yang dinilai berdasarkan pada aspek personalisasi lingkungan pembelajaran, monitoring proses pembelajaran, kesadaran, refleksi diri, dan rekomendasi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul learning analytics, portal e-learning, moodle |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 07:00 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45917 |
Actions (login required)
View Item |