PERSEPSI SISWA TENTANG KESIAPAN DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PILIHAN KARIR SMK

Agung, Agung Widadi (2016) PERSEPSI SISWA TENTANG KESIAPAN DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PILIHAN KARIR SMK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi fiks.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui adanya perbedaan persepsi siswa tentang kesiapan yang melaksanakan praktik kerja industri periode I dan periode II; (2) Mengetahui lebih baik mana siswa yang melaksanakan praktik kerja industri periode I atau periode II; (3) Mengetahui adanya relevansi antara tempat praktik kerja industri siswa dengan pilihan Karir siswa yang sesuai dengan program keahlian teknik pemesinan; (4) Mengetahui relevansi dari pelaksanaan praktik kerja industri terhadap pilihan karir siswa yang sesuai dengan program keahlian teknik pemesinan. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan jenis penelitian expost facto. Variabel dalam penelitian ini adalah Kesiapan Siswa (X1) sebagai variabel bebas, dan Pelaksanaan Praktik kerja Industri (X2) sebagai variabel intervening, serta pilihan Karir Siswa (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pengasih yang berjumlah 122. Jumlah sampel yang diuji sebanyak 53 siswa periode I dan 53 siswa di periode II. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode Empiris. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tsample independen test, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak ada perbedaan persepsi siswa tentang kesiapan yang melaksanakan praktik kerja industri periode I dan periode II, karena hasil pengujian t-test sample independent sebesar 0,171; (2) Siswa yang melaksanakan praktik kerja industri periode II lebih baik daripada periode I, terbukti dari hasil pengujian t-test sample independent sebesar 0,031; (3) Ada relevansi antara tempat praktik kerja industri siswa dengan pilihan karir yang sesuai dengan program keahlian teknik pemesinan periode I persentase relevannya 32,07% untuk pilihan rangking 1, pilihan rangking 2 sebesar 30,18%, dan pilihan rangking 3 sebesar 26,41%. Periode II persentase relevannya 39,62% untuk pilihan rangking 1, pilihan rangking 2 sebesar 37,7%, dan pilihan rangking 3 sebesar 20,75%.; (4) Ada relevansi dari pelaksanaan praktik kerja industri terhadap pilihan karir siswa yang sesuai dengan program keahlian teknik pemesinan periode I sebesar 58% dan periode II sebesar 50%; Kata kunci: Kesiapan Siswa, Praktik Kerja Industri, dan Pilihan Karir Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:51
Last Modified: 30 Jan 2019 12:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45912

Actions (login required)

View Item View Item