PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEMEJA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN JOB SHEET DI SMK

Dwi Emi, Lestari (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEMEJA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN JOB SHEET DI SMK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola kemeja dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media job sheet di kelas XI program keahlian busana butik SMK Muhammadiyah I Tempel. (2) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan media job sheet dapat meningkatkan kompetensi pembuatan pola kemeja di kelas XI program keahlian busana butik SMK Muhammadiyah I Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Busana Butik SMK Muhammadiyah I Tempel. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Validitas instrumen mengunakan validitas isi dengan pertimbangan ahli (judgment expert). Reliabilitas untuk instrumen penelitian menggunakan reliabilitas antar rater. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah stastistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah ; (1) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan job sheet dalam meningkatkan kompetensi pembuatan pola kemeja berjalan dengan baik. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada siklus 1 adalah 84,475% dengan kategori baik kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 100% dengan kategori sangat baik. (2) peningkatan pencapaian kompetensi dilihat dari nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa yang mencapai KKM, nilai rata-rata kelas sebelum tindakan adalah 67,3, nilai rata-rata kelas siklus pertama adalah 75,8, pada siklus kedua nilai rata-rata kelas yaitu 85,64. Berdasarkan KKM siswa yang mencapai KKM pada pra siklus adalah 3 siswa (20%), kemudian meningkat pada siklus 1 yaitu 9 siswa (60%), kemudian meningkat kembali pada siklus 2 yaitu 15 siswa (100%). Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe STAD, job sheet, kompetensi pembuatan pola kemeja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:50
Last Modified: 30 Jan 2019 12:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45911

Actions (login required)

View Item View Item