Perspektif Pendidikan Multikultural: Revitalisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Sikap Solidaritas Sosial Pada Pendidikan Sejarah

Yudi Pratama, Yudi Pratama (2016) Perspektif Pendidikan Multikultural: Revitalisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Sikap Solidaritas Sosial Pada Pendidikan Sejarah. In: Pendidikan Multikultural.

[img] Other (prosiding)
29.YUDI PRATAMA_PASCAUNS.swf

Download (125kB)

Abstract

Artikel ini melihat bagaimana kebutuhan akan revitalisasi nilai-nilai kearifan lokal pada pembelajaran sejarah dalam hal pembentukan karakter peserta didik pada konsep pendidikan multikulturalisme untuk meningkatkan sikap solidaritas sosial yang merupakan ciri dari masyarakat Indonesia. Masih rendahnya sikap solidaritas sosial di Indonesia tercermin dari tingginya konflik-konflik sosial yang mengatasnamakan perbedaan suku,ras dan agama. Salah satu solusi untuk mencegah konflik sosial ini terjadi lagi maka haruslah ditanamkan sejak dini sebuah pandangan tentang pentingnya sikap solidaritas sosial pada masyarakat dengan menggunakan media pendidikan. Melihat dari realita ini dibutuhkan sebuah perspektif baru untuk mencegah konflik sosial ini terjadi lagi dengan cara menanamkan nilai-nilai kearifan lokal pada materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran sejarah dalam konsep pendidikan multikulturalisme. Kata Kunci : Pendidikan Multikultural,Kearifan Lokal,Solidaritas Sosial

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:24
Last Modified: 16 Jan 2017 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45904

Actions (login required)

View Item View Item