Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Pendekatan Open-Ended Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Rasa Percaya Diri Siswa SMP.

Nurcahyani, Agustiana Dwi (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Pendekatan Open-Ended Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Rasa Percaya Diri Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agustiana-dwi-nurcahyani-14709251040.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Pendekatan Open-Ended yang berkualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model Plomp yang terdiri dari fase penelitian awal, pengembangan, dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIIB dan satu guru matematika di SMP N 3 Kalasan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, angket penilaian siswa, soal prestasi belajar, soal pemecahan masalah, dan angket rasa percaya diri siswa. Analisis data keefektifan berdasarkan hasil tes dan angket dilakukan dengan cara uji proporsi Z. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru dan siswa minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika proporsi siswa yang mencapai nilai KKM minimal 75% berdasarkan tes prestasi belajar dan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi minimal 75% berdasarkan tes pemecahan masalah dan angket rasa percaya diri siswa. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan terdiri dari RPP dan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencapai kriteria valid dengan kategori sangat baik pada RPP maupun LKS. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran mencapai kriteria praktis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru dan kategori baik berdasarkan penilaian siswa. Perangkat pembelajaran juga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil tes prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan angket rasa percaya diri siswa. Hasil tes prestasi belajar menunjukkan bahwa proporsi siswa yang mencapai nilai KKM minimal 75%. Sementara hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan angket rasa percaya diri menunjukkan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi minimal 75%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan open-ended, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, rasa percaya diri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:17
Last Modified: 09 May 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45902

Actions (login required)

View Item View Item