Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Kimia Peserta Didik Kelas XI SMA/MA pada Materi Larutan Penyangga.

Sukmasari, Hesti (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Kimia Peserta Didik Kelas XI SMA/MA pada Materi Larutan Penyangga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hesty-sukmasari-14728251016.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menentukan kelayakan instrumen yang dihasilkan, (2) menganalisis respons pengguna instrumen, (3) mengungkapkan karakteristik instrumen, dan (4) mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains kimia peserta didik SMA/MA pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D, yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Produk awal ditinjau oleh peer reviewer, divalidasi melalui expert judgement, dan dinilai kelayakannya oleh guru kimia. Produk awal diujicoba lapangan kepada 284 peserta didik SMA di Kabupaten Gunungkidul, dan diimplementasikan pada 90 peserta didik di SMA/MA di Kabupaten Gunungkidul. Hasil penelitian berupa instrumen penilaian terintegrasi untuk mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains kimia peserta didik SMA/MA kelas XI semester genap pada materi pokok larutan penyangga. Indeks Aiken untuk instrumen ini sebesar 0,87, dan instrumen reliabel apabila diujikan pada peserta tes dengan kemampuan (Ɵ) antara -3,70 sampai 2,95. Respon pendidik terhadap instrumen tes dinyatakan sangat baik. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa sembilan butir soal fit dengan model PCM-1PL. Tingkat kesukaran berada pada rentang -2,90 <b< 4,26. Fungsi informasi tes yang didapatkan sebesar 5,543 logit dan kesalahan baku pengukuran sebesar 0,424. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir analitis peserta didik berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian terintegrasi, kemampuan berpikir analitis, keterampilan proses sains, larutan penyangga
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2017 03:47
Last Modified: 09 May 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45901

Actions (login required)

View Item View Item