PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DAN NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PERGERAKAN SISWA-SISWA STOVIA

Shinta Murti Melida Yasi, Shinta Murti Melida Yasi (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DAN NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PERGERAKAN SISWA-SISWA STOVIA. In: PEMBELAJARAN SEJARAH.

[img] Other (Prosiding)
28.SINTHA_PACAUNS.swf

Download (77kB)

Abstract

Pembelajaran sejarah memegang peranan penting dalam pembentukan karakter bangsa dan terutama dalam menumbuhkan nasionalisme. Sebagai suatu bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. multikulturalisme diperlukan untuk menjaga nasionalisme sehingga perpecahan dapat dihindari. Siswa-siswa STOVIA merupakan penggerak bagi awal tumbuhnya nasionalisme bangsa Indonesia. Dari STOVIA inilah peham-paham kedaerahan perlahan-laham mulai berkurang, perdedaan-perbedaan yang ada tidak lagi dijadikan alasan untuk menciptakan pemisah diantara siswa-siswa STOVIA. Kemudian, perlahan-lahan mulai muncul paham baru yaitu Nasionalisme. Maka pembelajaran mengenai perkembangan multikulturalisme dan nasionalisme di kalangan siswa-siswa STOVIA akan memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai Nasionalisme dan Multikulturalisme

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 16 Jan 2017 03:12
Last Modified: 16 Jan 2017 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45899

Actions (login required)

View Item View Item