Perbedaan Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains antara Peserta Didik yang Mengikuti Pembelajaran melalui Metode Demonstrasi Dengan Metode Eksperimen pada Materi Pengukuran Besaran Panjang, Massa dan Waktu

Ndraha, Ignasius Marvinus and Sukardiyono, Sukardiyono (2016) Perbedaan Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains antara Peserta Didik yang Mengikuti Pembelajaran melalui Metode Demonstrasi Dengan Metode Eksperimen pada Materi Pengukuran Besaran Panjang, Massa dan Waktu. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ignasius_Marvinus_Ndraha_12302249005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara peserta didik yang mengikut pembelajaran melalui metode demonstrasi dengan metode eksperimen pada materi pengukuran besaran panjang, massa dan waktu, (2) mengetahui metode pembelajaran yang lebih efektif dalam proses pembelajaran fisika di sekolah menengah, antara metode demonstrasi dan metode eksperimen pada materi pengukuran besaran panjang, massa dan waktu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest control group. Sampel pada penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan 28 peserta didik kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi pengukuran besaran panjang, massa dan waktu. Lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains yang dimiliki setiap peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji statistik analisis Multivariate Analysis of Variance (manova). Berdasarkan hasil uji statistik Multivariate Analysis of Variance pada nilai posttest, diketahui bahwa nilai F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, artinya harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan. Maka dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains peserta didik antara kedua kelas eksperimen. Selanjutnya test of between-subjects effects menunjukkan bahwa hubungan metode pembelajaran dengan pemahaman konsep memiliki nilai F sebesar 0,188 dengan signifikansi 0,666, berarti bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kedua kelas yang menggunakan metode pembelajaran berbeda. Kata kunci: pemahaman konsep, keterampilan proses sains, metode eksperimen, metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:49
Last Modified: 30 Jan 2019 12:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45898

Actions (login required)

View Item View Item