INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH

Piki Setri Pernantah, S.Pd, Piki Setri Pernantah, S.Pd (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH. In: Multikulturalisme.

[img] Other (Prosiding)
26.PIKI_PASCA UNS.swf

Download (96kB)

Abstract

Sejarah memberikan pelajaran yang amat berharga. Betapa perbedaan, pertentangan, pertukaran pikiran, dan peristiwa bangsa yang begitu kompleks itulah yang sesungguhnya mengantarkan kita ke gerbang kemerdekaan. Oleh karena itu, pelajaran sejarah disekolah dapat menjadi sesuatu yang amatlah penting. Tantangan saat ini dan ke depannya bagaimana kita mampu memperbaiki segala persoalan yang terjadi selama ini di dalam pembelajaran sejarah. Dan guru juga mampu menginternalisasikan nilai-nilai multikulturalisme kedalam pembelajaran sejarah agar mampu membuat para siswanya menghargai keberagaman dan memiliki kesadaran multikultural. Internalisasi nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah dapat berfungsi sebagai salah satu upaya membangun pola pikir siswa agar mampu mengakui dan menghargai keberagaman dalam suatu bingkai kesederajatan. Relevan dengan kondisi bangsa Indonesia yang multi kultur dan sejarah Indonesia yang juga dibangun atas perjuangan bersama dari berbagai etnis dan suku bangsa di tanah air. Oleh karenanya tulisan ini dimaksudkan untuk mencoba menguraikan bagaimana kondisi pembelajaran sejarah di sekolah dan menjelaskan tentang bentuk-bentuk internalisasi nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Kata Kunci : Multikulturalisme, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:56
Last Modified: 16 Jan 2017 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45896

Actions (login required)

View Item View Item