PERANAN MATERI SEJARAH LOKAL DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA

Adi Apriyadi, S.Pd, Adi Apriyadi, S.Pd (2016) PERANAN MATERI SEJARAH LOKAL DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA. In: Sejarah Lokal.

[img] Other (Prosiding)
25.ADI APRIYADI_UPI.swf

Download (76kB)

Abstract

Pembelajaran sejarah pada dasarnya adalah belajar tentang kehidupan masyarakat dari zaman dahulu sampai zaman sekarang. Berbagai aspek kehidupan dapat dipelajari dalam sejarah. Pembelajaran sejarah di sekolah sebaiknya lebih mudah dipahami siswa. Dalam pembelajaran sejarah hendaknya siswa dapat melihat langsung kehidupan yang nyata. Sejarah lokal dalam konteks pembelajaran di sekolah tidak hanya sebatas sejarah yang dibatasi oleh lingkup ruang yang bersifat administratif belaka, seperti sejarah provinsi, sejarah kabupaten, sejarah kecamatan, dan sejarah desa. Dari sejarah lokal inilah siswa dapat menyadari akan kekayaan tema kehidupan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat sekitarnya, sehingga siswa akan lebih bisa memahami dan memaknai peristiwa sejarah. Sejarah lokal sebagai salah satu cabang dari studi sejarah sangat menarik untuk diperbincangkan terutama menyangkut batasan pengertian dan metodologi maupun dalam hak aspek pengajaran sejarah lokal di sekolah-sekolah. Istilah sejarah lokal di indonesia kerap digunakan pula sebagai sejarah daerah. Sejarah lokal merupakan salah satu bagian referensi yang mendukung dalam penulisan sejarah nasional. Sejarah lokal dibuat atas dasar cerita dan fakta yang terjadi pada masyarakat pada suatu tempat. Adanya sejarah lokal merupakan hal yang penting, karena selain sebagai identitasi asal mula sebuah tempat tapi akan diketahui pula bagaimana pola kehidupan masyarakat dan keanekaragaman budaya di berbagai daerah. Mengacu pada pembahasan diatas, bahwa dengan mengenal sejarah lokal yang ruang lingkupnya dekat dengan tempat tinggal peserta didik akan menimbulkan suatu kebanggaan karena daerah tempat tinggal peseerta didik menjadi bagian dari sejarah nasional serta secara tidak langsung akan memunculkan kesadaran nasional. Dalam implementasinya, guru dapat menyelipkan materi sejarah lokal dengan menggunakan pendekatan yang disesuaikan pada kurikulum. Dengan demikian, diharapkan peserta didik dapat mengetahui sejarah dan peristiwa yang terjadi di sekitar tempat tinggalnya sehingga memunculkan kesadaran nasional. Kata Kunci : Sejarah Lokal, Kesadaran Nasional, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:52
Last Modified: 16 Jan 2017 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45895

Actions (login required)

View Item View Item