LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 MINGGIR

Khoerul Anam, Khoerul Anam (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 MINGGIR. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KHOERUL ANAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh dalam setiap jenjang S-1 kependidikan. PPL yang berhubungan langsung dengan peserta didik merupakan implementasi nyata dari mata kuliah Micro Teaching yang telah diajarkan dan merupakan tempat untuk menerapkan dan mentransfer ilmu yang selama ini telah dipelajari. Sebelum pelaksanaan PPL, dilaksanakanlah pembekalan PPL agar mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas sebelum penerjunan PPL, yaitu beberapa bulan sebelumnya. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa,dll), dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Model rencana pembelajaran disesuaikan dengan permintaan lapangan. Hal ini dimaksudkan supaya lebih mudah dalam implementasinya serta mampu menyesuaikan dengan konteks, karena itulah tuntutan untuk menjadi guru, bukan hanya sekedar formalitas melainkan lebih kepada integrasi situasi dalam lingkungan kependidikan. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh praktikan. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar sebanyak 8 kali tatap muka yang dilaksanakan secara parallel dari kelas ke kelas untuk semua kelas X dengan jadwal praktek ngajar sebagai berikut: Hari Selasa: X IPS 1, Rabu X IPS 2, Kamis: X IPA 1, dan X IPA 2. Setiap pertemuan berdurasi tiga jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 45 menit). Sebelumnya praktikan membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini praktikan mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45890

Actions (login required)

View Item View Item