PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MAKRAME SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGEMPLAK

Herdiyono, Nurasa Arief (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MAKRAME SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGEMPLAK. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
TA SKRIPSI FULL.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan model multimedia interaktif pembelajaran makrame siswa kelas VIII SMPN 1 Ngemplak untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran makrame. Prosedur penelitian: Pertama, studi pendahuluan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan bahan materi untuk menentukan materi pembelajaran makrame di kelas VIII melalui SK & KD kurikulum KTSP, RPP, dan buku ajar. Kedua, perancangan produk melalui pembuatan flowchart, storyboard dan alur cerita, struktur navigasi, visualisasi desain, dan penyusunan produk. Ketiga validasi produk, oleh ahli materi, ahli media, guru keterampilan, dan siswa sebagai objek uji coba. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Data diabsahkan dengan triangulasi oleh ahli media, ahli materi, guru dan siswa. Hasil penelitian berupa produk multimedia interaktif pembelajaran makrame untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Ngemplak dalam bentuk DVD, yang diolah menggunakan Adobe Flash CS6, desain produk menggunakan CorelDraw X7, dan video tutorial menggunakan Corel Video Studio Pro X5. Multimedia interaktif ini berisi materi pengantar, yaitu: pengertian dan sejarah makrame. Materi inti, yaitu: contoh-contoh karya makrame, alat dan bahan untuk membuat makrame, simpul dasar makrame, dan berkarya membuat gelang makrame yang disertai video tutorial, sedangkan evaluasi berupa soal pilihan ganda. Desain tampilan materi dilengkapi dengan gambar-gambar yang berwarna, dan audio musik yang dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Produk multimedia interaktif telah divalidasi oleh ahli materi yang menilai aspek pembelajaran dan materi/isi, ahli media yang menilai aspek desain tampilan dan pemrograman, guru keterampilan menilai empat aspek yaitu pembelajaran, materi/isi, desain tampilan, dan kenyamanan penggunaan, hingga akhirnya para ahli menyatakan bahwa produk multimedia layak digunakan sebagai pembelajaran. Selanjutnya tahap uji coba kepada siswa kelas VIII, yaitu : Ludvia, Manggar, Drastian, Fina, dan Lutvia. Pada pelaksanaan uji coba ditemukan bahwa penggunaan gambar, teks, audio dan video dalam multimedia interaktif pembelajaran makrame ini lebih meningkatkan perhatian siswa. Melalui multimedia interaktif pembelajaran makrame ini ternyata siswa dapat lebih mudah memahami isi materi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:43
Last Modified: 30 Jan 2019 12:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45888

Actions (login required)

View Item View Item