Folklor Sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Sejarah yang Bermakna

EEN SYAPUTRA1, EEN SYAPUTRA1 (2016) Folklor Sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Sejarah yang Bermakna. In: Materi Pembelajaran Sejarah.

[img] Other (Prosiding)
20.EEN_PASCAUNS.swf

Download (99kB)

Abstract

Sejarah merupakan mata pelajaran yang memegang peran penting dan posisi strategis dalam pembentukan watak dan karakter bangsa. Outpot yang diharapkan dari pembelajaran sejarah ialah peserta didik yang arif dan bijaksana, baik dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, kehidupan bermasyarakat, ataupun dalam kehidupan beragama. Untuk mewujudkan pembelajaran yang demikian, salah satu elemen penting yang harus diperhatikan ialah materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang dipilih haruslah materi yang kaya akan nilai-nilai atau mengandung banyak kearifan. Salah satu alternatif untuk materi tersebut adalah folklor. Oleh karena itu, artikel ini akan berfokus pada pembahasan mengenai foklor sebagai salah satu alternatif dalam upaya mengembangkan materi pembelajaran sejarah yang bermakna. Kata Kunci: Folklor, Materi Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:30
Last Modified: 16 Jan 2017 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45886

Actions (login required)

View Item View Item