Model Group Investigation sebagai Strategi dalam Pembelajaran Sejarah

Diah Ayu Kartikasari, S.Pd, Diah Ayu Kartikasari, S.Pd (2016) Model Group Investigation sebagai Strategi dalam Pembelajaran Sejarah. In: Pembelajaran sejarah.

[img] Other (Prosiding)
17.DIAH AYU KARTIKA_UPI.swf

Download (90kB)

Abstract

Membangun daya berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah merupakan sebuah tantangan. Hal yang perlu ditekankan bahwa sejarah bukanlah tentang pelajaran yang menghafal tahun dan tokoh-tokoh yang sudah tiada. Namun demikian, lebih dari itu pembelajaran sejarah dapat membentuk sikap dan kemampuan berfikir yang lebih kreatif dan kritis. Model group investigation yang digunakan pada saat pembelajaran akan memunculkan kreativitas siswa, baik kreativitas aptitude (berfikir kreatif) dan kreativitas non-aptitude (afektif). Metode ini mengharuskan peserta didik untuk bekerja secara berkelompok, maka kemampuan ataupun keterampilan berkomunikasi diperlukan untuk proses pembelajaran. Selain melihat kemampuan anak yang melaksanakan kegiatan secara kelompok, mereka pun akan dilatih agar mampu mengembangkan kemampuan berpikir secara mandiri. Kata Kunci: Pembelajaran sejarah, Group Investigation

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:18
Last Modified: 16 Jan 2017 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45883

Actions (login required)

View Item View Item