MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN INTEGRASI SOSIAL

Moh. Zulham Alsyahdian, S. Hum, Moh. Zulham Alsyahdian, S. Hum (2016) MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN INTEGRASI SOSIAL. In: Pembelajaran Sejarah.

[img]
Preview
Text (Prosiding)
16.MOH ZULHAM_UPI.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Maraknya konflik yang terjadi di negeri ini, seyogyanya semakin menyadarkan segenap anak bangsa akan arti pentingnya persatuan dan kesatuan, di tengah multikulturalitas kebangsaan dan globalisasi zaman. Masyarakat yang multikultur seharusnya menjadi social capital bagi terciptanya masyarakat yang kreatif, inovatif, dan berperadaban. Bukan malah sebaliknya. Tugas untuk mencari solusi bagi persoalan-persoalan kebangsaan di atas, bukan semata-mata tugas pemerintah an sich. Akan tetapi merupakan tugas bersama anak bangsa, apa pun latar belakang profesinya. Di tambah dengan situasi negara dan dunia hari ini yang oleh karena kemajuan teknologi dan informatika, seakan-akan berada di wilayah “tanpa batas” (borderless). Salah satu medium yang paling efektif bagi persemaian ide-ide multikulturalisme tersebut, adalah melalui proses pendidikan di sekolah-sekolah. Utamanya melalui pembelajaran sejarah di sekolah-sekolah, diharapkan nilai-nilai multikulturalisme tersebut menjadi bagian inheren dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Dengan ini diharapkan agar terjaga dan terciptanya masyarakat yang terintegrasi, dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa. Kata Kunci : Multikulturalisme, Pembelajaran Sejarah, Integrasi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:13
Last Modified: 16 Jan 2017 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45882

Actions (login required)

View Item View Item