HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGANTAR PARIWISATA PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI

Rita, Aromsari (2016) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGANTAR PARIWISATA PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) minat belajar siswa pada mata pelajara Pengantar Pariwisata, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Pariwisata, (3) hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pengantar Pariwisata siswa kelas X program keahlian Tata Busana SMK N 1 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana SMK N 1 Wonosari yang menempuh mata pelajaran Pengantar Pariwisata sebanyak 64 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 61 siswa ditentukan dengan Nomogram Harry King, kemudian sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan konstruk. Data dikumpulkan dengan instrumen lembar angket untuk mengukur minat belajar & dokumentasi untuk mengumpulkan data prestasi belajar Pengantar Pariwisata. Analisis data dengan analisis deskriptif, statistik parametrik, dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar siswa kelas X Tata Busana SMK N 1 Wonosari dengan persentase 77% dan mean sebesar 102,44 termasuk dalam ketegori sangat baik, (2) prestasi belajar siswa berdasarkan KKM menunjukkan semua siswa (100%) sudah tuntas memenuhi KKM, (3) terdapat hubungan positif antara minat belajar (x) dengan prestasi belajar (y) Pengantar Pariwisata siswa kelas X program keahlian Tata Busana SMK N 1 Wonosari dengan taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung (0,312) > rtabel (0,254). Kata Kunci: minat belajar, prestasi belajar, pengantar pariwisata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:48
Last Modified: 30 Jan 2019 12:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45881

Actions (login required)

View Item View Item