IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERAWATAN PERBAIKAN MEKANIK OTOMOTIF (PPMO) TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR SMK PIRI SLEMAN

Khoirul, Anwar (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERAWATAN PERBAIKAN MEKANIK OTOMOTIF (PPMO) TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.MOTTO.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.PERSEMBAHAN.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.DAFTAR TABEL.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.DAFTAR TABEL.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.BAB II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.BAB III.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.BAB IV.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19.LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan implementasi model Pembelajaran Generatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran PPMO di SMK PIRI Sleman; (2) Mengetahui pelaksanaan implementasi model pembelajaran generatif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran PPMO di SMK PIRI Sleman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SM B SMK PIRI Sleman. Jenis penelitian ini termasuk dalam PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang langkahnya sebagai berikut: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi dan; 4) refleksi. Pengambilan data penelitian melalui observasi, tes tertulis, dan angket dengan instrumen penelitian berupa: 1) lembar observasi; 2) soal pretest-postest dan; 3) lembar angket. Observasi dilakukan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran PPMO dengan model Pembelajaran Generatif. Tes tertulis dilakukan untuk mengukur Hasil belajar dan pemahaman siswa. Angket diberikan untuk mengetahui respon siswa. Adapun teknik analisis data untuk instrumen lembar observasi dan lembar angket menggunakan rumus persentase, sedangkan untuk instrumen soal tes menggunakan rumus gain score ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Generatif dalam pembelajaran PPMO dapat 100% terlaksana. Penerapan model Pembelajaran Generatif dalam pembelajaran PPMO dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa. Hal ini berdasarkan perolehan rerata gain score ternormalisasi siswa sebesar 0,44 (kategori sedang), serta persentase rerata hasil belajar siswa siswa sebesar 70,00 dan ketercapaian KKM 77,78% dan hasil pemahaman siswa sebesar 80,56. Selain itu, siswa memberikan respon sangat positif terhadap penerapan model Pembelajaran Generatif dalam pembelajaran PPMO. Hal ini berdasarkan persentase hasil angket sebesar 94,44% siswa merespon sangat positif dan 5,56% siswa merespon positif. Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Generatif, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Siswa, Gain Score Ternormalisasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 12:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45879

Actions (login required)

View Item View Item