HUBUNGAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI TEKNIK PENGELASAN MATA PELAJARAN PDTO TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Zaim, Lathiif (2016) HUBUNGAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI TEKNIK PENGELASAN MATA PELAJARAN PDTO TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Zaim Lathiif_11504241003_TAS.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan penggunaan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar baik secara sendirisendiri maupun secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas X kompetensi Teknik Pengelasan mata pelajaran PDTO Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Jenis Penelitian ini adalah ex-post facto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebanyak 148 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan rumus Formula Empiris oleh Isaac dan Michael dengan jumlah 106 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah 1) uji prasyarat (uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas), 2) analisis korelasi sederhana, dan 3) analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X kompetensi Teknik Pengelasan dengan koefisien korelasi rhitung lebih besar rtabel (0,297>0,195) dan nilai signifikansi 0,002<0,05. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X kompetensi Teknik Pengelasan dengan koefisien korelasi rhitung lebih besar rtabel (0,262>0,195) dan nilai signifikansi 0,007<0,05. (3) 3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X kompetensi Teknik Pengelasan dengan koefisien korelasi ganda adalah Rhitung lebih besar Rtabel (0,343>0,195) dan nilai signifikansi 0,002<0,05. Kata kunci : Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 12:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45874

Actions (login required)

View Item View Item