PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ETIKET MAKAN DI DALAM KELUARGA

Muti’atul, Mawaddah (2016) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ETIKET MAKAN DI DALAM KELUARGA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan komik digital sebagai media pembelajaran etiket makan di dalam keluarga, dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan komik digital sebagai etiket makan di dalam keluarga. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan model 4D terdiri atas define (pendefinisian); design (perancangan); develop (pengembangan); disseminate (penyebaran). Populasi adalah masyarakat umum yang mengunjungi blog secara online sebanyak 138 bloger. Sampel penelitian adalah masyarakat umum yang terdiri dari 75 responden yang mengunjungi blog secara online. Objek penelitian adalah komik digital etiket makan. Cara penelitian dengan cara mengunggah komik digital ke internet dan masyarakat umum mengisi sejumlah pertanyaan yang disediakan oleh peneliti. Jenis instrumen yang digunakan pada penelitian angket tertutup ditujukan untuk ahli media dan ahli materi, sedangkan angket terbuka ditujukan kepada responden yang diambil secara online. . Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach nilai koefisien reliabilitas tes evaluasi komik sebesar 0,876 dan uji kelayakan komik secara online sebesar 0,777 lebih besar dari 0,600. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) proses pengembangan komik digital etiket makan di dalam keluarga diawali dengan tahap define dengan menentapkan konten pelanggaran-pelanggaran etiket makan di dalam keluarga yang akan dijadikan konflik dalam cerita, selanjutnya melalui tahap design meliputi penyusunan alur cerita, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal, dilanjutkan tahap development dengan melakukan validasi ahli materi dan ahli media, revisi I, evaluasi ahli materi dan ahli media, revisi II, produk dan uji kelayakan. Dan yang terakhir tahap desimination yaitu publish dan share it; (2) Penilaian kelayakan media pembelajaran menggunakan komik digital sebagai etiket makan di dalam keluarga dari ahli materi adalah sangat layak (58,8%); dan penilaian ahli media adalah sangat layak (66,7%). Penilaian responden antara lain a) mayoritas responden orang tua tidak sempat mengajarkan etiket makan pada anak (73,0%), b) media komik digital memberi manfaat bagi orang tua (95%), c) komik digital memberi kemudahan dan pemahaman bagi responden (87%), d) remaja melupakan etiket makan di dalam keluarga (81,0%); e) pentingnya etiket makan di dalam keluarga (85,0%); dan f) kemenarikan komik etiket makan mayoritas responden menilai dengan kategori baik (45,0%). Kata kunci: Pengembangan, Komik Digital, Media Pembelajaran, Etiket Makan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 12:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45865

Actions (login required)

View Item View Item