RELEVANSI MATERI PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DI SMKN 2 KLATEN DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI PEMESINAN

SENGGO, PRADUTO (2016) RELEVANSI MATERI PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DI SMKN 2 KLATEN DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI PEMESINAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
LAPORAN SKRIPSI SENGGO.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) relevansi materi pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 2 Klaten dengan keterampilan yang dibutuhkan di industri pemesinan; (2) keterampilan yang dibutuhkan oleh industri pemesinan yang tidak disediakan silabus mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 2 Klaten; (3) keterampilan yang tidak dibutuhkan oleh industi pemesinan namun dilaksanakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC; (4) keterampilan yang dibutuhkan oleh industri pemesinan dan disediakan dalam silabus pembelajaran namun tidak dilaksanakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran CNC di SMKN 2 Klaten yang berjumlah 1 orang dan 5 Kepala Industri pemesinan yang membidangi pekerjaan Pemesinan CNC yang berjumlah 5 orang. Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 2 Klaten dan Keterampilan Dasar yang dibutuhkan di Industri Pemesinan skala menengah ke atas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistic analisis deskriptif dengan bantuan program Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) relevansi materi pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 2 Klaten dengan kebutuhan industri pada bidang mesin bubut CNC sbesar 73% dan bidang mesin frais CNC sebesar 73%; (2) keterampilan yang dibutuhkan di industri semua telah tersedia dalam silabus pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 2 Klaten; (3) keterampilan dasar yang tidak dibutuhkan oleh industri namun justru diajarkan dalam pembelajaran mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 2 Klaten di bidang Mesin Bubut CNC sebesar 17% dan di bidang Mesin Frais CNC sebesar 16%; (4) keterampilan yang dibutuhkan oleh industri dan disediakan dalam silabus namun tidak dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas pada bidang Mesin Bubut CNC sebesar 4% dan Bidang Mesin Frais sebesar 4%. Kesimpulan secara umum adalah bahwa materi pembelajaran dalam kategori relevan namun perlu adanya peningkatan dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Relevansi, Materi Pembelajaran, Keterampilan Yang dibutuhkan Industri. vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45860

Actions (login required)

View Item View Item