LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 MINGGIR PAKERAN, SENDANGMULYO MINGGIR SLEMAN 15 JULI –15 SEPTEMBER 2016

Safitri Lestari, Safitri Lestari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 MINGGIR PAKERAN, SENDANGMULYO MINGGIR SLEMAN 15 JULI –15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

PPL adalah praktik pengalaman lapangan merupakan suatu kegiatan aplikatif yang dilakukan oleh mahasiswa ke sekolah langsung. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional,dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran kimia. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMA N 1 Minggir ini dilakukan sekitar kurang lebih 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini,terddapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan atau praktik kegiatan sekolah. Kegiatan praktik mengajar di kelas berupa praktik langsung mengajar di kelas dengan dibimbing oleh Guru Pembimbng yaitu Puji Mulyaningsih, S.Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas X dan XI yaitu kelas X MIPA 1 dan XI IPA 1. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi piket guru dan Perpustakaan serta memberikan pelajaran tambahan materi Kimia untuk siswa yang bertugas Paskib. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 20 kali pertemuan di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran kimia dalam kelas yang berjalan sesuai dengan RPP. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat beberapa bantuan dari Guru pembimbing dan DPL Pembimbing Lapangan sehingga kegiatan PPL dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang banyak untuk mahasiswa calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan,PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jan 2017 00:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45859

Actions (login required)

View Item View Item