Pengaruh Pembelajaran IPA Berorientasi Lifeskills Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Otomotif SMK Negeri 1 Sedayu Bantul

Rukminingsih, Rr. Dwi (2010) Pengaruh Pembelajaran IPA Berorientasi Lifeskills Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Otomotif SMK Negeri 1 Sedayu Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rr-dwi-rukminingsih-07708251014.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik pada pembelajaran berorientasi lifeskills dengan menggunakan pendekatan masalah pada kelas yang diberi arahan instruktur dan kelas tanpa arahan instruktur pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), (2) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar ranah afektif pada pembelajaran berorientasi lifeskills dengan menggunakan pendekatan masalah pada kelas yang diberi arahan instruktur dan kelas tanpa arahan instruktur pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), (3) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran berorientasi lifeskills dengan menggunakan pendekatan masalah pada kelas yang diberi arahan instruktur dan kelas tanpa arahan instruktur pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Proses eksperimen dilakukan pengamatan pada dua kelas pembelajaran yaitu kelas eksperimen yang diberi pembelajaran berorientasi lifeskills dengan arahan instruktur dan kelas kontrol tanpa arahan instruktur. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Otomotif SMK Negeri 1 Sedayu Bantul berjumlah 99 dan sampel penelitiannya adalah 63 peserta didik pada kelas H dan I. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi unjuk kerja (psikomotorik), pengamatan afektif, dan tes kognitif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) tidak terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar ranah psikomotorik, (2) terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar ranah afektif, (3) tidak terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar ranah kognitif pada kelas dengan arahan instruktur dan kelas tanpa arahan instruktur.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, lifeskills, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2017 07:28
Last Modified: 29 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45855

Actions (login required)

View Item View Item