Keefektifan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Sains Di SMP Negeri Kota Kupang Nusa Tenggara Timur

Begu, Petrus Ola (2010) Keefektifan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Sains Di SMP Negeri Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-petrus-ola-begu-08708251034.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran sains di SMP Negeri Kota Kupang ditinjau dari: (1) kelengkapan dan kesesuaian perangkat pembelajaran sains, (2) perencanaan pembelajaran sains, (3) pelaksanaan pembelajaran sains, (4) evaluasi pembelajaran sains, (5) respons peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran sains, dan (6) hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian survei dengan sampel penelitian enam SMP Negeri di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Populasi dan sampel yang dipilih untuk menentukan sekolah dan kelas dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptf kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) kelengkapan dan kesesuian perangkat pembelajaran sains yang terdiri dari silabus dan RPP untuk keenam SMP Negeri di Kota Kupang berada pada kategori baik dengan total skor 45,50. Hal ini dapat diartikan bahwa perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru sains sudah lengkap dan isinya sudah sesuai dengan komponen-komponen minimal yang ditetapkan, namun perlu perbaikan pada perumusan pengalaman belajar, perumusan indikator, penentuan alokasi waktu, dan penentuan teknik dan jenis penilaian; (2) perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP keenam SMP Negeri di Kota Kupang berada pada kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 28,50. Hal ini mengindikasikan bahwa perencanaan pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran sains di SMP Negeri Kota Kupang sangat efektif, namun perlu penyusunsn LKS untuk kegiatan eksperimen; (3) pelaksanaan pembelajaran sains pada keenam SMP Negeri, berada pada kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 48,58. Hal ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran sains di SMP Negeri Kota Kupang efektif, namun perlu perbaikan pada pelaksanaan peniliaian proses dan pemanfaatan sistem TIK dalam pembelajaran; (4) evaluasi pembelajaran sains untuk keenam SMP Negeri, berada pada kategori tidak baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 14,50. Hal ini mengindikasikan bahwa evaluasi pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran sains di SMP Negeri Kota Kupang tidak efektif, sehingga perlu perbaikan pada prinsip-prinsip penilaian; (5) respons peserta didik keenam SMP Negeri terhadap pembelajaran sains berada pada kategori baik dengan perolehan total skor 45,24. Hal ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran sains di SMP Negeri Kota Kupang efektif, namun perlu perbaikan pada aspek pemanfaatan sistem TIK dalam pembelajaran dan pelaporan hasil pekerjaan peserta didik; dan (6) hasil belajar peserta didik keenam SMP Negeri adalah efektif dengan persentase ketuntasan belajar kognitif rata-rata sebesar 81,18%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, sains
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Jan 2017 07:12
Last Modified: 14 Jan 2017 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45854

Actions (login required)

View Item View Item