Pembelajaran Sains Berbasis Homeschooling (Sekolah Rumah) pada Homeschooling Primagama (HSPG) Yogyakarta

Sehol, Muhamad (2010) Pembelajaran Sains Berbasis Homeschooling (Sekolah Rumah) pada Homeschooling Primagama (HSPG) Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhamad-sehol-08708251015.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan-alasan yang melandasi terlaksananya sistem belajar secara homeschooling di lembaga HSPG, dan mengetahui proses pembelajaran sains yang dijalankan dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus bertipe deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada Lembaga Homeschooling Primagama (HSPG) yang ada di kota Yogyakarta. Subyek penelitian adalah para pelaku homeschooling di lembaga HSPG, yaitu siswa, para tentor, terutama tentor sains, dan penyelenggara HSPG, serta orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dari angket dianalisis dan diolah, selanjutnya dikonfirmasikan dengan hasil wawancara, observasi, dan data dokumentasi yang diperoleh. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penyelenggaraan sistem belajar secara homeschooling di HSPG dilandasi oleh kenginan manajemen lembaga untuk melakukan inovasi layanan pendidikan informal secara homeschooling bagi masyarakat, sedangkan bagi siswa dan orang tua siswa dilandasi oleh alasan dan pertimbangan, yaitu: kasus bullying, anak anti sekolah, beban psikologis anak, kesehatan anak, ketidaksinkronan anak dengan sistem sekolah, masalah pribadi anak, kenyamanan belajar, layanan pendidikan berkualitas, alasan ideologis, mobilitas orang tua, kebutuhan khusus anak, dan upaya melanjutkan pendidikan anak yang terputus. Selanjutnya diperoleh pula bahwa perilaku awal siswa dalam hal budaya belajar tampak belum optimal sebelum mengikuti sistem homeschooling di HSPG, tetapi dalam hal hubungan sosial sudah cukup baik. Sementara itu, proses pembelajaran sains secara homeschooling di HSPG dapat berlangsung secara normal menggunakan kurikulum yang berlaku secara Nasional yang diimplementasikan menurut sistem homeschooling. Hambatan pembelajaran dari aspek fasilitas dapat ditunjang oleh adanya sekolah payung dan lembaga lain yang membantu. Di samping itu, proses pembelajaran sains oleh para tentor sains di HSPG, masih didominasi oleh pendekatan pembelajaran secara konvensional, terutama untuk kelas puncak, tetapi pada kelas non puncak menyesuaikan dengan tuntutan materi sains yang diajarkan. Sistem homeschooling di HSPG ternyata mampu menghasilkan kualitas hasil belajar siswa ke arah yang lebih baik bila ditinjau dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dengan sistem ini, anak maupun orang tua tidak merasa asing dan risih dengan lingkungannya, bahkan cukup optimis dan percaya diri akan prospek keberhasilan sistem ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sains, homeschooling
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2017 06:32
Last Modified: 29 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45853

Actions (login required)

View Item View Item