PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PRAMUNIAGA DI PT CIRCLEKA INDONESIA UTAMA CABANG YOGYAKARTA

Prajanta, Dwiki (2016) PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PRAMUNIAGA DI PT CIRCLEKA INDONESIA UTAMA CABANG YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
DwikiPrajanta_12808141028.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kepuasan kerja pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta, (2) Komitmen organisasi pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta, (3) Turnover intention pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta, (4) Pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta, (5) Pengaruh komitmen organisasi terhadap turnover intention pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta,(6) Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta yang berjumlah 150 orang dari total populasi berjumlah 200 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan metode CFA (Confirmatory Factor Analysis), sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menemukan bahwa: (1) Kepuasan kerja memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta dengan β -0,183 dan p=0,004. Kontribusi kepuasan kerja untuk menjelaskan turnover intention pramuniaga (ΔR2) sebesar 3,2%; (2) Komimen organisasi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta dengan β -0,142 dan p=0,000. Kontribusi komitmen organisasi untuk menjelaskan turnover intention pramuniaga (R2) sebesar 1,8%; (3) Kepuasan kerja dengan β -0,162 dan p=0,008 dan Komitmen organisasi dengan β -0,107 dan p=0,005 bersama-sama memiliki pengaruh negatif terhadap turnover intention pramuniaga PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta. Kontribusi kepuasan kerja dan komitmen organisasi untuk menjelaskan turnover intention pramuniaga (ΔR2) sebesar 1%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45847

Actions (login required)

View Item View Item