KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI PERINGKAT OBLIGASI PERUSAHAAN NON JASA KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Kurniawan, Dian (2015) KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI PERINGKAT OBLIGASI PERUSAHAAN NON JASA KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
DianWahyuKurniawan_12808141031.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan rasio keuangan untuk memprediksi peringkat obligasi. Rasio solvabilitas yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), rasio likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR),rasio profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA), rasio Aktivitas yang diproksikan dengan Total Assets Turnoves (TAT), dan market value ratio yang diproksikan dengan Price Earnings Ratio (PER). Penelitian ini tergolong penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non jasa keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2009-2015. Sampel penelitian ini ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 26 sampel perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory, www.idx.co.id, dan www.pefindo.co.id. Metode analisis data yang digunakan adalah Multiple Discriminant Analysis (MDA). Berdasarkan hasil analisis mengunakan MDA data Solvabiltas tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi dengan nilai signifikan sebesar 0,065 > 0,05. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi dengan nilai signifikan sebesar 0,147 > 0,05. Profitabilitas tidak berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi dengan nilai signifikan sebesar 0,401 > 0,05. Aktivitas berpengaruh terhadap peringkat obligasi dengan nilai signifikan 0,028 < 0,05. Market value ratio tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi dengan nilai signifikan sebesar 0,231 > 0,05. Tingkat ketepatan dari model prediksi yang terbentuk adalah sebesar 65,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45844

Actions (login required)

View Item View Item