Salvetri, Salvetri (2016) Pembelajaran Sejarah: Kontribusinya dalam Membangun Karakter Bangsa. In: Pembelajaran Sejarah.
Other (Prosiding)
15.SALVETRI_PASCA UPI.swf Download (88kB) |
Abstract
Pembelajaran sejarah di sekolah selain untuk melatih peserta didik berpikir kritis, juga memiliki fungsi pragmatis sebagai pembentukan identitas dan karakter bangsa. Hal ini disesuaikan dengan tujuan pendidikan nasional. Melalui pembelajaran sejarah peserta didik diajak menelaah keterkaitan kehidupan yang dialami oleh diri sendiri, masyarakat dan bangsanya. Sehingga diharapkan nantinya peserta didik tersebut memiliki karakter yang kuat untuk membangun bangsa. Mereka bukan hanya menghapal fakta atau peristiwa sejarah yang merupakan bentuk pengulangan secara lisan dari buku pelajaran dan bukan merupakan ajang latih keterampilan intelektual. Karena eksistensi suatu bangsa sangat ditentukan oleh karakter yang dimiliki. Hanya bangsa yang memiliki karakter yang kuat yang mampu menjadikan dirinya sebagai bangsa yang bermartabat dan disegani oleh bangsa-bangsa lain. Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Karakter Bangsa
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosiding |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 07:00 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 07:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45832 |
Actions (login required)
View Item |