PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MUATAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SARANA PESERTA DIDIK MENDAPATKAN HIDDEN VALUE YANG DAPAT DIJADIKAN PELAJARAN DALAM MEMAKNAI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Yulia Sofiani, Yulia Sofiani (2016) PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MUATAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SARANA PESERTA DIDIK MENDAPATKAN HIDDEN VALUE YANG DAPAT DIJADIKAN PELAJARAN DALAM MEMAKNAI KEHIDUPAN SEHARI-HARI. In: Pembelajaran Sejarah.

[img] Other (Prosiding)
13.YULIA SOPHIANI_UNSIL.swf

Download (124kB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan strategi pembelajaran sejarah berbasis muatan kearifan lokal sebagai sarana bagi peserta didik mendapatkan hidden value yang dapat dijadikan pelajaran dalam memaknai kehidupan sehari-hari. Fungsi utama pendidikan di setiap tingkat adalah untuk menyediakan pelatihan cara-cara berpikir mendasar yang terwakili dalam berbagai mata pelajaran yang selama ini berkembang dalam pencairan pengetahuan yang dapat digunakan oleh manusia, perjalanan menggapai pemahaman budaya, dan upaya berkelanjutan untuk meraih kekuatan intelektual. Kearifan lokal dapat menjadi salah satu upaya untuk lebih mendekatkan peserta didik pada pembelajaran sejarah, yaitu dengan memasukkan unsur-unsur kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah. Unsur-unsur kearifan lokal terdapat pada sejarah lokal di mana bisa untuk dihubungkan kepada tema yang lebih luas dalam sejarah nasional. Muatan kearifan lokal sebagai bagian dari sejarah lokal dapat digunakan oleh guru untuk membantu mengembangkan keterampilan berpikir sejarah. Pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat mendorong peserta didik memahami kearifan lokalnya, kemudian mampu menimbulkan kecintaan dan bangga terhadap budayanya yang pada akhirnya dapat memprkuat identitas diri dalam rangka memperkokoh rasa kecintaan terhadap bangsanya

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 13 Jan 2017 06:50
Last Modified: 13 Jan 2017 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45825

Actions (login required)

View Item View Item