KEMAMPUAN BINA DIRI MAKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III SDLB DI SLB TUNAS BAKTI PLERET BANTUL

Riana, Wijayanti (2016) KEMAMPUAN BINA DIRI MAKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III SDLB DI SLB TUNAS BAKTI PLERET BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Riana Wijayanti_11103241012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) kemampuan bina diri makan pada anak tunagrahita sedang kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul, dan 2) faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam kemampuan bina diri makan pada anak tunagrahita sedang kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu dua anak tunagrahita kategori sedang kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan bina diri makan pada anak tunagrahita sedang kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul antara lain; subjek LNF aspek yang mampu dilakukan sendiri antara lain; memegang centong, menggunakan centong, memegang sendok sayur, memegang sendok makan dengan tangan kanan, menyendok makanan secukupnya, memasukkan makanan ke dalam mulut, dan mengunyah makanan perlahan-lahan, berdoa sebelum dan sesudah makan, menyendok makanan tanpa menimbulkan bunyi, mengunyah makanan dengan mulut tertutup, dan menelan makanan perlahan-lahan. Subjek TR aspek yang mampu dilakukan sendiri antara lain; memegang centong, menggunakan centong, memegang sendok sayur, mampu memegang sendok makan dengan tangan kanan, mampu memegang garpu dengan tangan kiri, mampu menyendok makanan secukupnya, memasukkan makanan ke dalam mulut, berdoa sebelum dan sesudah makan, mengambil makanan sesuai dengan kebutuhan, menyendok makanan tanpa menimbulkan bunyi, menelan makanan perlahan-lahan, merapikan nasi, lauk dan sayur dan membersihkan meja dari makanan yang tercecer. 2) Faktor pendukung dan penghambat kemampuan bina diri makan pada anak tunagrahita sedang kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul antara lain; a) faktor pendukung yaitu; adanya sumber belajar yang lengkap yang berupa buku atau modul dengan gambar-gambar peralatan makan, tersedianya ruang praktek bina diri makan dan adanya program bantuan PMTAS (Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah) yang diterima sekolah. b) faktor penghambat yaitu; kurang kondusifnya suasana dikelas karena adanya gangguan dari luar dan kurangnya motivasi dari orang tua dalam mengajarkan anak agar dapat makan secara mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 06:50
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45823

Actions (login required)

View Item View Item