LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 MINGGIR

Rinta Aryanti, Rinta Aryanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 MINGGIR. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RINTA ARYANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan untuk melatih mahasiswa menerapkan ilmu dan kemampuan yang dimiliki selama di bangku perkuliahan dengan menerapkannya langsung di lapangan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Selama pelaksanaan PPL mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman menjadi seorang pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Selama kegiatan PPL berlangsung, mahasiswa praktikan melaksanakan seluruh program kerja PPL yang telah disusun sebelumnya. Dalam pelaksanaannya mahasiswa selalu melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing lapangan dan dengan guru koordinator PPL yang ada disekolah. Pelaksanaan program kerja PPL harus dilaksanakan seefektif mungkin agar seluruh program kerja dapat terselesaikan seluruhnya. Praktik pengalaman lapangan dilaksanakan setelah melakukan observasi dan mendapat surat tugas dari guru koordinator PPL di sekolah. Mahasiswa praktikan melaksanakan tugas PPL dengan mengajar ke kelas-kelas yang sudah ditentukan oleh guru pembimbing mata pelajaran yang bersangkutan. Selain melakukan kegiatan praktik mengajar, mahasiswa praktikan juga melaksanakan kegiatan yang ada di sekolah, seperti upacara bendera setiap hari Senin, tugas piket dan membantu para staf karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Dalam kegiatan PPL, kegiatan mahasiswa praktikan yang dilakukan meliputi persiapan berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, membantu administrasi perpustkaan dan piket. Di dalam pelaksanaannya mahasiswa praktikan sering berkonsultasi dengan guru pembimbing di sekolah dan dosen pembimbing dari jurusan mengenai penyusunan RPP, soal ulangan, soal remidial, soal pengayaan dan mengenai mengkondisikan suasanan dalam kelas. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan ini, penulis melaksanakan pembelajaran di kelas X MIPA 2, X IIS 2 dan XI IPS 1. Praktik mengajar dilaksanakan minimal dapat dilakukan 8 kali pertemuan, dengan mengajar terbimbing. Selama melaksanakan kegiatan PPL mahasisiwa tidak memiliki hambatan yang berarti, mahasiswa juga dapat menjalin hubungan yang baik dengan guru pembimbing beserta warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pendidikan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jan 2017 06:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45820

Actions (login required)

View Item View Item